Monday, April 10, 2017
Gaya penulisan Perlman yang akrab memberikan telaah mendalam dari seorang barat akan filosofi Jawa yang melekat pada gamelan. Tuturnya yang lugas juga didukung dengan kisah-kisah pengalaman personalnya yang tercurah di dalam buku, selain juga dengan analisis yang tajam. Baginya, pembahasan melodi yang tidak termainkan namun dapat didengarkan di dalam hati pengrawit adalah sebuah perjalanan mengupas lahirnya proses teori musik gamelan di mana pengetahuan implisit berpadu dengan gaya eksplisit barat, sebuah pendekatan yang lekat dengan sentuhan musisi gamelan dengan etnomusikolog barat. Benturan budaya dan nilai dalam kepakaran akademis dengan menarik disajikan dan ketiga ide dibandingkan satu dengan yang lain. Perlman pun menghindari penulisan komparatif sehingga penulisannya pun deskriptif dan tidak memaksakan nilai musik barat ke dalam gending Jawa.

http://seputarmusiksatu.blogspot.com/


Resonansi suaranya sering memijat gendang telinga kita pada hari sebelum menjadi pagi, mengajak semua yang hidup dan bertelinga untuk nyawang kahanan: untuk bagaimana semustinya mengakhiri mimpi dan mengawali pagi dengan doa dan sebagainya. Gamelan namanya, instrumen musik dari kerajinan kuningan yang harmonisasi suaranya sering menjadi teman telinga kita pada pagi yang masih sunyi itu.

Metalurgi kerajinan kuningan dalam wujud gamelan telah ada sebelum Jawa mengenal peperangan. Dari sentuhan tangan para pandhe–pandhe kerajinan kuningan ia ditempa, dicetak, disepuh dalam tarian nyala bara api guna melenturkan bahan dasarnya yang kakuagar mudah dibentuk dalam berbagai artefak kerajinan kuningan.

Oleh para Mpu Penglaras, bilah-bilah gamelan kerajinan kuningan itu di stem, di pencon, di atur tinggi-rendahnya nada dengan penangkap suara dikedua telinganya atas dasar pakem-pakem yang ada dalam ingatan-ingatan pikiran—hingga mencapai pada posisi nada harmonisasi yang stabil.

Fungsi Gamelan

■Gamelan adalah suatu cara individu berhubungan di dalam kelompok sosial. Secara kebiasaan, gamelan hanya dimainkan pada kesempatan tertentu seperti upacara agama upacara, perayaan masyarakat khusus, pertunjukan wayang, dan untuk keluarga yang raja. Gamelan juga digunakan untuk menemani tarian di halaman, kuil, dan upacara agama desa/kampung. Di samping menyediakan musik untuk upacara fungsional sosial, gamelan juga menyediakan suatu mata pencarian untuk banyak musisi profesional, dan untuk pengrajin khusus yang membuat gamelan.
■Hari ini, walaupun gamelan masih digunakan untuk upacara agama upacara dan keluarga raja, gamelan juga dipentaskan pada konser musik. Gamelan juga digunakan untuk menemani banyak macam tarian baik modern maupun tradisional, drama, mengenai teater dan pedalangan. Di jaman modern, gamelan biasa disimpan pada tempatnya seperti halaman, kuil, musium, sekolah, atau bahkan rumah pribadi.

Kumpulan lagu didi kempot
Kumpulan karawitan mp3

# Instrumen Musik Gamelan = Download disini

# Gamelan Jawa Karawitan = Download Disini

0 comments:

Post a Comment

salam blogger

close